Jaringan komputer atau komunikasi data adalah seperangkat ilmu yang bersangkutan dengan komunikasi antara sistem komputer atau perangkat.
1.PERSYARATAN UNTUK JARINGAN KOMPUTER
(1) konektivitas: siapa dan bagaimana cara menyambungkan.
(2)skalabilitas: berapa banyak untuk terhubung.
(3) berbagi sumber daya: bagaimana memanfaatkannya.
1.1 Konektivitas: Node, Link, Wired
Jaringan komputer, dari segi konektivitas, dapat dipandang sebagai "terhubung
grafik yang dibangun dari satu set node dan link, di mana setiap pasangan node dapat saling mencapai satu sama lain melalui jalur yang terdiri dari rangkaian node dan link bersatu. "Kami membutuhkan konektivitas antara pengguna manusia untuk bertukar pesan atau terlibat dalam percakapan, di antara program aplikasi untuk menjaga operasi jaringan, atau antara pengguna dan program aplikasi untuk mengakses data atau layanan.
Node: Host atau Perantara
Sebuah simpul dalam jaringan komputer bisa berupa komputer host atau perantara
perangkat interkoneksi Yang pertama adalah komputer titik akhir yang menampung pengguna dan aplikasi, sementara yang kedua berfungsi sebagai titik peralihan dengan lebih dari satu
link interface untuk interkoneksi komputer host atau perantara lainnya.
Link: Point-to-Point atau Broadcast
Tautan dalam jaringan komputer disebut point-to-point jika menghubungkan dua node dengan tepat
dengan satu di setiap ujungnya, atau disiarkan jika menghubungkan lebih dari dua node yang terpasang.
Wired atau Wireless
Untuk sambungan kabel, media umum termasuk twisted pair, kabel coaxial, dan fiber optics. Sebuah twisted pair memiliki dua garis tembaga yang disatukan untuk kekebalan yang lebih baik terhadap kebisingan; Mereka banyak digunakan sebagai jalur akses di sistem telepon biasa (POTS) dan LAN seperti Ethernet.
2. PRINSIP-PRINSIP UNDERLYING
Sebagai teknologi komunikasi data terdistribusi, packet switching telah diletakkan turunkan prinsip-prinsip komunikasi data untuk diikuti. Kita dapat membagi seperangkat prinsip menjadi tiga kategori: kinerja, yang mengatur kualitas layanan packet switching, operasi, yang merinci jenis mekanisme yang dibutuhkanpenanganan paket, dan interoperabilitas, yang menentukan apa yang harus dimasukkan ke dalam protokol standar dan algoritma, dan apa yang tidak seharusnya dilakukan.
3.OPERASI PADA DATA PLANE
Berbeda dengan operasi pada bidang kontrol, yang mungkin hanya berlaku untuk paket kontrol dalam skala waktu ratusan milidetik hingga puluhan detik, hal-hal di bidang data berlaku untuk semua paket dan dilanjutkan dalam mikrodetik atau kurang.
4.INTEROPERABILITAS
Standar vs Implementasi-Bergantung
Ada dua cara yang mungkin untuk berbagai perangkat untuk berbicara satu sama lain. Salah satunya adalah membeli semua perangkat dari hanya satu vendor. Yang lainnya adalah mendefinisikan protokol standar di antara perangkat sehingga selama vendor mengikuti protokol ini, kita dapat mengoperasikan perangkat yang dioperasikan dari vendor yang berbeda. Interoperabilitas semacam ini adalah suatu keharusan, terutama bila kita tidak ingin terikat dengan vendor tertentu setelah kita membeli perangkat batch pertama dari mereka.
5.SOLUSI UNTUK KONEKTIVITAS
Dua titik akhir yang terputus dihubungkan melalui jalur dengan node dan link. Untuk memutuskan
bagaimana membangun dan memelihara konektivitas end-to-end ini di Internet, seseorang harus melakukannya
Buat tiga keputusan: (1) konektivitas yang dialihkan atau dialihkan, (2) mekanisme end-to-end atau hop-byhop untuk menjaga kebenaran (pengiriman paket yang andal dan teratur) dari konektivitas ini, dan (3) bagaimana mengatur tugas dalam membangun dan memelihara konektivitas ini.
1.PERSYARATAN UNTUK JARINGAN KOMPUTER
(1) konektivitas: siapa dan bagaimana cara menyambungkan.
(2)skalabilitas: berapa banyak untuk terhubung.
(3) berbagi sumber daya: bagaimana memanfaatkannya.
1.1 Konektivitas: Node, Link, Wired
Jaringan komputer, dari segi konektivitas, dapat dipandang sebagai "terhubung
grafik yang dibangun dari satu set node dan link, di mana setiap pasangan node dapat saling mencapai satu sama lain melalui jalur yang terdiri dari rangkaian node dan link bersatu. "Kami membutuhkan konektivitas antara pengguna manusia untuk bertukar pesan atau terlibat dalam percakapan, di antara program aplikasi untuk menjaga operasi jaringan, atau antara pengguna dan program aplikasi untuk mengakses data atau layanan.
Node: Host atau Perantara
Sebuah simpul dalam jaringan komputer bisa berupa komputer host atau perantara
perangkat interkoneksi Yang pertama adalah komputer titik akhir yang menampung pengguna dan aplikasi, sementara yang kedua berfungsi sebagai titik peralihan dengan lebih dari satu
link interface untuk interkoneksi komputer host atau perantara lainnya.
Link: Point-to-Point atau Broadcast
Tautan dalam jaringan komputer disebut point-to-point jika menghubungkan dua node dengan tepat
dengan satu di setiap ujungnya, atau disiarkan jika menghubungkan lebih dari dua node yang terpasang.
Wired atau Wireless
Untuk sambungan kabel, media umum termasuk twisted pair, kabel coaxial, dan fiber optics. Sebuah twisted pair memiliki dua garis tembaga yang disatukan untuk kekebalan yang lebih baik terhadap kebisingan; Mereka banyak digunakan sebagai jalur akses di sistem telepon biasa (POTS) dan LAN seperti Ethernet.
2. PRINSIP-PRINSIP UNDERLYING
Sebagai teknologi komunikasi data terdistribusi, packet switching telah diletakkan turunkan prinsip-prinsip komunikasi data untuk diikuti. Kita dapat membagi seperangkat prinsip menjadi tiga kategori: kinerja, yang mengatur kualitas layanan packet switching, operasi, yang merinci jenis mekanisme yang dibutuhkanpenanganan paket, dan interoperabilitas, yang menentukan apa yang harus dimasukkan ke dalam protokol standar dan algoritma, dan apa yang tidak seharusnya dilakukan.
3.OPERASI PADA DATA PLANE
Berbeda dengan operasi pada bidang kontrol, yang mungkin hanya berlaku untuk paket kontrol dalam skala waktu ratusan milidetik hingga puluhan detik, hal-hal di bidang data berlaku untuk semua paket dan dilanjutkan dalam mikrodetik atau kurang.
4.INTEROPERABILITAS
Standar vs Implementasi-Bergantung
Ada dua cara yang mungkin untuk berbagai perangkat untuk berbicara satu sama lain. Salah satunya adalah membeli semua perangkat dari hanya satu vendor. Yang lainnya adalah mendefinisikan protokol standar di antara perangkat sehingga selama vendor mengikuti protokol ini, kita dapat mengoperasikan perangkat yang dioperasikan dari vendor yang berbeda. Interoperabilitas semacam ini adalah suatu keharusan, terutama bila kita tidak ingin terikat dengan vendor tertentu setelah kita membeli perangkat batch pertama dari mereka.
5.SOLUSI UNTUK KONEKTIVITAS
Dua titik akhir yang terputus dihubungkan melalui jalur dengan node dan link. Untuk memutuskan
bagaimana membangun dan memelihara konektivitas end-to-end ini di Internet, seseorang harus melakukannya
Buat tiga keputusan: (1) konektivitas yang dialihkan atau dialihkan, (2) mekanisme end-to-end atau hop-byhop untuk menjaga kebenaran (pengiriman paket yang andal dan teratur) dari konektivitas ini, dan (3) bagaimana mengatur tugas dalam membangun dan memelihara konektivitas ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar